Full width home advertisement

kuliner

pendidikan

kesehatan

Post Page Advertisement [Top]

 

 PTK METODE PEMBELAJARAN EKSPERIMEN

BAB II

KAJIAN TEORI DAN HIPOPTESIS TINDAKAN

A.      Kajian Teori

1.        Pengertian Penelitian Tindakan Kelas (PTK)

a.         Pengertian dan Karakteristik PTK

Penelitian tindakan kelas merupakan salah satu penelitian yang sedang diminati khususnya oleh para guru karena penelitian ini dapat dilaksanakan tanpa harus meninggalkan tugas guru sebagai pendidik. Bahkan sebenarnya para guru telah melaksanakan jenis penelitian ini hanya saja mereka belum mendokumentasikannya secara baik.

Pendapat lain mengemukakan bahwa penelitian tindakan kelas atau classroom action research merupakan kajian sistematik tentang upaya meningkatkan mutu praktik pendidikan oleh sekelompok masyarakat melalui tindakan praktis yang mereka lakukan
dan merefleksi hasil tindakannya
(Hopkins 1993:88-89). Sedangkan menurut Suwarsih Madya (1999:10) penelitian tindakan merupakan intervensi praktik dunia nyata yang ditujukan untuk meningkatkan situasi praktis. Tentu penelitian tindakan yang dilakukan oleh guru
ditujukan untuk meningkatkan situasi pembelajaran yang menjadi tanggung jawabnya
dan ia disebut ’penelitian tindakan kelas’ atau PTK.

Karakteristik PTK meliputi : (1)   dirancang untuk mengatasi permasalahan nyata, (2) diterapkan secara kontekstual, (3) terarah pada peningkatan kinerja guru di kelas, (4) bersifat fleksibel, (5) data diperoleh langsung dari pengamatan atas perilaku dan refleksi, (6) bersifat situasional dan spesifik (Natawidjaya Rachman 1977 : 2)

b.        Proses Pelaksanaan PTK

Menurut Kemmis dan Mc Taggart (1998), penelitian tindakan kelas
dilakukan melalui proses yang dinamis dan komplementari yang terdiri dari empat momentum esensial yaitu sebagai berikut:

a)        Penyusunan Rencana

Perencanaan adalah mengembangkan rencana tinadakan yang
secara kritis untuk meningkatkan apa yang telah terjadi. Rencana PTK hendaknya disusun berdasarkan kepada hasil pengamatan awal yang refleksif. Hasil pengamatan awal terhadap proses yang terjadi dalam situasi yang ingin diperbaiki dituangkan dalam bentuk catatan-catatan lapangan yang lengkap yang menggambarkan dengan jelas cuplikan
atau episode proses pembelajaran dalam situasi yang akan ditingkatkan atau diperbaiki.

b)        Tindakan

Tindakan yang dimaksud disini adalah tindakan yang dilakukan
secara sadar dan terkendali, yang merupakan variasi praktik yang cermat dan bijaksana.

 

DOWNLOAD FILE 


BACA JUGA :

CONTOH BAB 1 SKRIPSI BAHASA INDONESIA

CONTOH BAB 2 SKRIPSI BAHASA INDONESIA

CONTOH BAB 3 SKRIPSI BAHASA INDONESIA

CONTOH BAB 4 SKRIPSI BAHASA INDONESIA

CONTOH BAB 5 SKRIPSI BAHASA INDONESIA

CONTOH DAFTAR ISI BAHASA ARAB

CONTOH KATA PENGANTAR BAHASA ARAB

CONTOH ABSTRAK BAHASA INDONESIA

CONTOH ABSTRAK BAHASA INGGRIS

CONTOH ABSTRAK BAHASA ARAB 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

terima kasih aa kud kud segera membalas

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib