PTK METODE PEMBELAJARAN EKSPERIMEN
BAB II
KAJIAN TEORI DAN HIPOPTESIS TINDAKAN
A. Kajian Teori
1. Pengertian Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
a. Pengertian dan Karakteristik PTK
Penelitian tindakan kelas merupakan salah satu penelitian yang sedang diminati khususnya oleh para guru karena penelitian ini dapat dilaksanakan tanpa harus meninggalkan tugas guru sebagai pendidik. Bahkan sebenarnya para guru telah melaksanakan jenis penelitian ini hanya saja mereka belum mendokumentasikannya secara baik.
Pendapat lain mengemukakan bahwa “penelitian tindakan kelas atau classroom action research merupakan kajian sistematik
tentang upaya meningkatkan mutu praktik pendidikan
oleh sekelompok masyarakat melalui tindakan praktis yang mereka lakukan
dan merefleksi hasil tindakannya” (Hopkins 1993:88-89). Sedangkan menurut Suwarsih Madya (1999:10) “penelitian tindakan merupakan intervensi
praktik dunia nyata yang ditujukan untuk
meningkatkan situasi praktis”. Tentu
penelitian tindakan yang dilakukan oleh guru
ditujukan untuk meningkatkan situasi pembelajaran yang menjadi tanggung
jawabnya dan ia disebut
’penelitian tindakan kelas’ atau PTK.
”Karakteristik PTK meliputi : (1) dirancang untuk mengatasi permasalahan nyata, (2) diterapkan secara kontekstual, (3) terarah pada peningkatan kinerja guru di kelas, (4) bersifat fleksibel, (5) data diperoleh langsung dari pengamatan atas perilaku dan refleksi, (6) bersifat situasional dan spesifik” (Natawidjaya Rachman 1977 : 2)
b. Proses Pelaksanaan PTK
Menurut Kemmis dan Mc Taggart (1998), penelitian tindakan kelas
dilakukan melalui proses yang dinamis dan komplementari yang terdiri dari empat
momentum esensial yaitu sebagai berikut:
a) Penyusunan Rencana
Perencanaan adalah mengembangkan rencana tinadakan yang
secara kritis untuk meningkatkan apa yang telah terjadi. Rencana PTK hendaknya
disusun berdasarkan kepada hasil pengamatan awal yang refleksif. Hasil
pengamatan awal terhadap proses yang terjadi dalam situasi yang ingin
diperbaiki dituangkan dalam bentuk catatan-catatan lapangan yang lengkap yang
menggambarkan dengan jelas cuplikan
atau episode proses pembelajaran dalam situasi yang akan ditingkatkan atau
diperbaiki.
b) Tindakan
Tindakan yang
dimaksud disini adalah tindakan yang dilakukan
secara sadar dan terkendali, yang merupakan variasi praktik yang cermat dan
bijaksana.
DOWNLOAD FILE
BACA JUGA :
CONTOH BAB 1 SKRIPSI BAHASA INDONESIA
CONTOH BAB 2 SKRIPSI BAHASA INDONESIA
CONTOH BAB 3 SKRIPSI BAHASA INDONESIA
CONTOH BAB 4 SKRIPSI BAHASA INDONESIA
CONTOH BAB 5 SKRIPSI BAHASA INDONESIA
CONTOH KATA PENGANTAR BAHASA ARAB
CONTOH ABSTRAK BAHASA INDONESIA




Tidak ada komentar:
Posting Komentar
terima kasih aa kud kud segera membalas