PTK METODE PEMBELAJARAN EKSPERIMEN
BAB III
METODE PENELITIAN
A. Setting Penelitian
Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan di kelas VI SDN 009 Balikpapan Selatan Kecamatan Balikpapan Selatan Kota Balikpapan, pada semester I tahun pelajaran 2023/2024 (Agustus 2023 s.d. Oktober 2023). Pemilihan kelas VI karena penulis mengajar di kelas tersebut sehingga memudahkan teknis pengumpulan data dan penulis juga terlibat langsung dalam proses pembelajaran di kelas khususnya dalam mencermati berbagai permasalahan yang muncul dalam pembelajaran. Secara rinci, pelaksanaan penelitian terurai dalam tabel berikut ini
Tabel 3.1 Jadwal Kegiatan Penelitian
|
No |
Aktivitas Penelitian |
Agustus 2023 |
September 2023 |
Oktober 2023 |
||||||||||
|
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
1 |
2 |
3 |
4 |
||
|
1 |
Penyusunan Proposal PTK dan Ijin Penelitian |
X |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
Penelitian Siklus I |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
a. Perencanaan |
|
X |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
b. Pelaksanaan |
|
|
X |
X |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
c. Observasi |
|
|
|
|
X |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
d. Refleksi |
|
|
|
|
X |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
Penelitian Siklus II |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
a.Perencanaan |
|
|
|
|
|
X |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
b. Pelaksanaan |
|
|
|
|
|
X |
X |
|
|
|
|
|
|
|
|
c. Observasi |
|
|
|
|
|
|
|
X |
|
|
|
|
|
|
|
d. Refleksi |
|
|
|
|
|
|
|
X |
|
|
|
|
|
|
|
4 |
Penyusunan Laporan PTK |
|
|
|
|
|
|
|
|
X |
X |
X |
X |
|
|
5 |
Seminar Laporan PTK |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
X |
B. Subjek Penelitian
Subjek yang diteliti adalah siswa kelas VI SD Negeri 009 Balikpapan Selatan dengan jumlah siswa sebanyak 30 orang dari siswa putra sebanyak 17 orang dan siswa putri sebanyak 13 orang.
C. Sumber Data
Sumber data adalah subjek dari mana data dapat diperoleh (Arikunto,2002: 114). Dalam penelitian tindakan kelas ini, sumber datanya terdiri atas:
1. Person, yakni sumber data yang berasal dari siswa dan guru kelas VI SDN 009 Balikpapan Selatan Kecamatan Balikpapan Selatan Kota Balikpapan.
2. Place, yakni sumber data yang menyajikan tampilan berupa keadaan diam dan bergerak. Sumber data yang diam seperti ruangan kelas, kelengkapan alat, dan sejenisnya. Sedangkan sumber data yang bergerak, yakni aktivitas guru dan siswa dalam proses pembelajaran yang menerapakan metode Pembelajaran Eksperimen.
3. Paper, yakni dokumen, buku-buku, majalah atau bahan tertulis lainnya, baik berupa teori, laporan penelitian atau penemuan sebelumnya. Studi ini juga disebut studi kepustakaan atau literatur studi.
DOWNLOAD FILE
BACA JUGA :
CONTOH BAB 1 SKRIPSI BAHASA INDONESIA
CONTOH BAB 2 SKRIPSI BAHASA INDONESIA
CONTOH BAB 3 SKRIPSI BAHASA INDONESIA
CONTOH BAB 4 SKRIPSI BAHASA INDONESIA
CONTOH BAB 5 SKRIPSI BAHASA INDONESIA
CONTOH KATA PENGANTAR BAHASA ARAB
CONTOH ABSTRAK BAHASA INDONESIA




Tidak ada komentar:
Posting Komentar
terima kasih aa kud kud segera membalas