Full width home advertisement

kuliner

pendidikan

kesehatan

Post Page Advertisement [Top]

 


BAB VI

PENDAMPINGAN EVALUASI DAN TINDAK LANJUT

 

A.     Pendampingan

Pendampingan dilaksanakan untuk memastikan pembelajaran berjalan sesuai rencana sehingga tujuan yang ditetapkan dapat tercapai. Selain itu, setiap program yang direncanakan mengalami peningkatan kualitas secara berkelanjutan. Adapun kegiatan pendampingan, evaluasi, dan pengembangan profesional meliputi tiga area berikut, yaitu Pendampingan Intrakurikuler, Pendampingan Kokurikuler, dan Pendampingan Ekstrakurikuler.

Bentuk pelaksanaan kegiatan pendampingan, evaluasi, dan pengembangan profesi dapat dilihat pada tabel berikut:

No

Bentuk dan Teknik

Strategi

Pihak yang Terlibat

Waktu

KEGIATAN INTRAKURIKULER

1

Pendampingan

 

a. Coaching

1.

Observasi

Sasaran:

Semua guru

Pendamping:

Kepala Sekolah

Sebelum

evaluasi dan

sesudah evaluasi

2.

Pemberian

 

Feeback

3.

Pemberian Reward

 

b. Mentoring

 

 

Sasaran:

Semua guru

Pendamping: Guru/ teman sejawat

Sesudah evaluasi

2

Evaluasi

 

a.    Supervisi Pembelajaran

Alur tujuan pembelajaran, modul ajar, integrasi profil pelajar Pancasila, penilaian, dll)

1.

2.

 

3.

Observasi Pemberian Feedback Pemberian Reward

Sasaran:

Semua guru

 

Supervisor: Kepala sekolah dan guru senior

Dua kali dalam semester

 

b. Supervisi Administrasi

 

 

 

Dua kali dalam semester

 

 

 

3

Pengembangan Profesional

 

a. Pelatihan rutin Berdasarkan rencana  kebutuhan kurikulum.

1.    Pelatihan penyusunan Modul Ajar

2.    Pelatihan Pembelajaran berdeferensiasi

3.    Pelatihan Penulisan Soal berbasis AKM/AN

1.    Pemberian Pembinaan lanjutan

2.    Pemberian Reward

Sasaran:

Semua guru

 

Nara sumber/Ahli/Pengawas

Dilakukan enam bulan sekali

b. Supervisi Klinis Dilakukan untuk memenuhi kebutuhan  pengajar dalam  memperbaiki kualitas proses pembelajaran  berdasarkan               hasil evaluasi.

Sasaran: Semua guru atau guru tertentu

 

Nara sumber/Ahli/Pengawas

Insidentil

 

File BAB 6 bisa diunduh disini


 

Baca juga :

KEGIATAN KOKURIKULER LINTAS MAPEL 

BUKU JURNAL 7 KEBIASAAN ANAK INDONESIA HEBAT

CONTOH KARTU SYAHRIYAH MADRASAH DINIYAH

CP FASE A SD Tahun 2025 

ATP SD FASE A 

ATP FASE B

ATP KELAS 6

ATP KELAS 5 

LEMBAR PENGESAHAN KSP 

Pengeringan Kopi Secara Natural 

SK Pemberlakuan KSP 

BAB 3-Contoh Visi Misi 

BAB 4-Pengorganisasian Pembelajaran 

 

SEMOGA BERMANFAAT 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

terima kasih aa kud kud segera membalas

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib