BAB VI
PENDAMPINGAN EVALUASI DAN TINDAK LANJUT
A. Pendampingan
Pendampingan dilaksanakan untuk memastikan pembelajaran berjalan sesuai rencana sehingga tujuan yang ditetapkan dapat tercapai. Selain itu, setiap program yang direncanakan mengalami peningkatan kualitas secara berkelanjutan. Adapun kegiatan pendampingan, evaluasi, dan pengembangan profesional meliputi tiga area berikut, yaitu Pendampingan Intrakurikuler, Pendampingan Kokurikuler, dan Pendampingan Ekstrakurikuler.
Bentuk pelaksanaan kegiatan pendampingan, evaluasi, dan pengembangan profesi dapat dilihat pada tabel berikut:
|
No |
Bentuk dan Teknik |
Strategi |
Pihak yang Terlibat |
Waktu |
|||
|
KEGIATAN INTRAKURIKULER |
|||||||
|
1 |
Pendampingan |
||||||
|
|
a. Coaching |
1. |
Observasi |
Sasaran: Semua guru Pendamping: Kepala Sekolah |
Sebelum evaluasi dan sesudah evaluasi |
||
|
2. |
Pemberian |
||||||
|
|
Feeback |
||||||
|
3. |
Pemberian Reward |
||||||
|
|
b. Mentoring |
|
|
Sasaran: Semua guru Pendamping: Guru/ teman sejawat |
Sesudah evaluasi |
||
|
2 |
Evaluasi |
||||||
|
|
a. Supervisi Pembelajaran Alur tujuan pembelajaran, modul ajar, integrasi profil pelajar Pancasila, penilaian, dll) |
1. 2.
3. |
Observasi Pemberian Feedback Pemberian Reward |
Sasaran: Semua guru
Supervisor: Kepala sekolah dan guru senior |
Dua kali dalam semester |
||
|
|
b. Supervisi Administrasi |
|
|
|
Dua kali dalam semester
|
||
|
3 |
Pengembangan Profesional |
||||||
|
|
a. Pelatihan rutin Berdasarkan rencana kebutuhan kurikulum. 1. Pelatihan penyusunan Modul Ajar 2. Pelatihan Pembelajaran berdeferensiasi 3. Pelatihan Penulisan Soal berbasis AKM/AN |
1. Pemberian Pembinaan lanjutan 2. Pemberian Reward |
Sasaran: Semua guru
Nara sumber/Ahli/Pengawas |
Dilakukan enam bulan sekali |
|||
|
b. Supervisi Klinis Dilakukan untuk memenuhi kebutuhan pengajar dalam memperbaiki kualitas proses pembelajaran berdasarkan hasil evaluasi. |
Sasaran: Semua guru atau guru tertentu
Nara sumber/Ahli/Pengawas |
Insidentil |
|||||
File BAB 6 bisa diunduh disini
Baca juga :
KEGIATAN KOKURIKULER LINTAS MAPEL
BUKU JURNAL 7 KEBIASAAN ANAK INDONESIA HEBAT
CONTOH KARTU SYAHRIYAH MADRASAH DINIYAH
Pengeringan Kopi Secara Natural
BAB 4-Pengorganisasian Pembelajaran
SEMOGA BERMANFAAT




Tidak ada komentar:
Posting Komentar
terima kasih aa kud kud segera membalas