ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN (ATP) UNTUK SEKOLAH DASAR KELAS 6
KURIKULUM MERDEKA
Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) adalah rangkaian tujuan pembelajaran yang disusun secara sistematis dan logis, mengikuti urutan pembelajaran dari awal hingga akhir suatu fase. ATP berfungsi sebagai panduan bagi guru dan siswa dalam mencapai Capaian Pembelajaran (CP) yang telah ditetapkan. Dalam ATP, tujuan pembelajaran diurutkan secara kronologis, menggambarkan bagaimana proses pembelajaran berlangsung dari waktu ke waktu.
Berikut adalah penjelasan lebih rinci mengenai Alur Tujuan Pembelajaran:
A. Rangkaian Tujuan Pembelajaran:
ATP terdiri dari beberapa Tujuan Pembelajaran (TP) yang saling terkait dan membentuk suatu kesatuan yang utuh.
B. Sistematis dan Logis:
Penyusunan ATP harus dilakukan secara terstruktur dan mengikuti alur yang jelas, sehingga mudah dipahami dan diikuti.
C. Linear:
ATP biasanya disusun secara linear, menggambarkan urutan kegiatan pembelajaran yang dilakukan dari waktu ke waktu
D. Panduan Pembelajaran:
ATP berfungsi sebagai panduan bagi guru dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran, serta bagi siswa dalam memahami apa yang harus mereka capai.
E. Mengacu pada Capaian Pembelajaran:
Tujuan akhir dari ATP adalah untuk mencapai Capaian Pembelajaran (CP) yang telah ditetapkan di akhir setiap fase.
F. Contoh Penerapan:
ATP dapat disusun sendiri oleh guru atau menggunakan contoh yang disediakan, seperti yang tersedia dari pemerintah.
G. Kurikulum Merdeka:
ATP merupakan salah satu komponen penting dalam Kurikulum Merdeka, yang menekankan pada kemerdekaan belajar dan pengembangan potensi siswa secara optimal.
Dengan ATP yang tersusun baik, diharapkan proses pembelajaran menjadi lebih terarah, efektif, dan efisien, sehingga siswa dapat mencapai tujuan pembelajaran dengan lebih optimal.
UNDUH FILE DISINI
Baca juga :
KEGIATAN KOKURIKULER LINTAS MAPEL
BUKU JURNAL 7 KEBIASAAN ANAK INDONESIA HEBAT



Tidak ada komentar:
Posting Komentar
terima kasih aa kud kud segera membalas