PTK METODE PEMBELAJARAN EKSPERIMEN
BAB V
PENUTUP
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas ini dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar tentang listrikr dalam pembelajaran IPA dengan menerapkan metode pembelajaran eksperimen berbantuan media benda konkrit pada siswa kelas VI SDN 009 Balikpapan Selatan Kecamatan Balikpapan Selatan Kota Balikpapan Semester 1 Tahun Pelajaran 2023/2024. Hal tersebut diindikasikan dari peningkatan rata-rata hasil belajar siswa, kondisi awal sebesar 54,33, meningkat pada siklus I sebesar 72,92 dengan ketuntasan belajar individual mencapai 67%, kemudian meningkat menjadi 80,33 dengan ketuntasan belajar individual 97% pada siklus II.
B. Saran
Berdasarkan simpulan di atas disarankan kepada :
1. Guru Sekolah Dasar yang mengalami masalah dalam pembelajaran IPA khususnya materi listrik dapat memanfaatkan metode pembelajaran eksperimen sebagai upaya pemecahan masalahnya.
2. Kepada Kepala Sekolah hendaknya selalu memberi motivasi dan kesempatan para guru untuk melakukan inovasi pembelajaran, melengkapi sarana pembelajaran berupa media pembelajaran, dan kesempatan serta dukungan anggaran untuk melakukan penelitian tindakan kelas agar prestasi sekolah meningkat.
3. Untuk perpustakaan supaya selalu menambah bahan bacaan terutama yang berkaitan dengan inovasi, media atau alat, strategi, maupun metode pembelajaran.
DOWNLOAD FILE
BACA JUGA :
CONTOH BAB 1 SKRIPSI BAHASA INDONESIA
CONTOH BAB 2 SKRIPSI BAHASA INDONESIA
CONTOH BAB 3 SKRIPSI BAHASA INDONESIA
CONTOH BAB 4 SKRIPSI BAHASA INDONESIA
CONTOH BAB 5 SKRIPSI BAHASA INDONESIA
CONTOH KATA PENGANTAR BAHASA ARAB
CONTOH ABSTRAK BAHASA INDONESIA



Tidak ada komentar:
Posting Komentar
terima kasih aa kud kud segera membalas