BAB V
PENUTUP
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas ini dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar tentang luas bangun datar dalam pembelajaran Matematika dengan menerapkan metode pembelajaran inkuiri dan penggunaan media benda konkrit pada siswa kelas IV SDN Gentinggunung Kecamatan Sukorejo Kabupaten Kendal Tahun Pelajaran 2021/2022. Hal tersebut diindikasikan dari peningkatan rata-rata hasil belajar siswa, kondisi awal sebesar 49,57, meningkat pada siklus I sebesar 73,04 dengan ketuntasan belajar individual mencapai 65%, kemudian meningkat menjadi 86,09 dengan ketuntasan belajar individual 96% pada siklus II.
B. Saran
Berdasarkan simpulan di atas disarankan kepada:
1. Guru Sekolah Dasar yang mengalami masalah dalam pembelajaran Matematika khususnya materi luas bangun datar dapat memanfaatkan metode inkuiri dan penggunaan media benda konkrit sebagai upaya pemecahan masalahnya.
2. Kepada Kepala Sekolah hendaknya selalu memberi motivasi dan kesempatan para guru untuk melakukan inovasi pembelajaran, melengkapi sarana pembelajaran berupa media pembelajaran, dan kesempatan serta dukungan anggaran untuk melakukan penelitian tindakan kelas agar prestasi sekolah meningkat.
3. Untuk perpustakaan supaya selalu menambah bahan bacaan terutama yang berkaitan dengan inovasi, media atau alat, strategi, maupun metode pembelajaran.



Terimakasih semoga bermanfaat
BalasHapus