BAB V
PENUTUP
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas ini dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar tentang nilai-nilai Pancasila dalam pembelajaran PPKn dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Instruction dan penggunaan media benda nyata pada siswa kelas VI SDN 009 Balikpapan Selatan Kecamatan Balikpapan Selatan Kota Balikpapan Semester 2 Tahun Pelajaran 2022/2023. Hal tersebut diindikasikan dari peningkatan rata-rata hasil belajar siswa, kondisi awal sebesar 52,41, meningkat pada siklus I sebesar 73,79 dengan ketuntasan belajar individual mencapai 79%, kemudian meningkat menjadi 82,41 dengan ketuntasan belajar individual 97% pada siklus II.
B. Saran
Berdasarkan simpulan di atas disarankan kepada :
1. Guru Sekolah Dasar yang mengalami masalah dalam pembelajaran PPKn khususnya materi nilai-nilai Pancasila dapat memanfaatkan model pembelajaran Problem Based Instruction sebagai upaya pemecahan masalahnya.
2. Kepada Kepala Sekolah hendaknya selalu memberi motivasi dan kesempatan para guru untuk melakukan inovasi pembelajaran, melengkapi sarana pembelajaran berupa media pembelajaran, dan kesempatan serta dukungan anggaran untuk melakukan penelitian tindakan kelas agar prestasi sekolah meningkat.
3. Untuk perpustakaan supaya selalu menambah bahan bacaan terutama yang berkaitan dengan inovasi, media atau alat, strategi, maupun metode pembelajaran.
UNDUH FILE DISINI
Baca juga :
KEGIATAN KOKURIKULER LINTAS MAPEL
BUKU JURNAL 7 KEBIASAAN ANAK INDONESIA HEBAT
CONTOH KARTU SYAHRIYAH MADRASAH DINIYAH



Tidak ada komentar:
Posting Komentar
terima kasih aa kud kud segera membalas