BAB III
METODE PENELITIAN
A. Setting Penelitian
Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan di kelas VI SDN 009 Balikpapan Selatan Kecamatan Balikpapan Selatan Kota Balikpapan, pada semester II tahun pelajaran 2022/2023 (Februari 2023 s.d. April 2023). Pemilihan kelas VI karena penulis mengajar di kelas tersebut sehingga memudahkan teknis pengumpulan data dan penulis juga terlibat langsung dalam proses pembelajaran di kelas khususnya dalam mencermati berbagai permasalahan yang muncul dalam pembelajaran. Secara rinci, pelaksanaan penelitian terurai dalam tabel berikut ini
Tabel 3.1 Jadwal Kegiatan Penelitian
|
No |
Aktivitas Penelitian |
Februari 2023 |
Maret 2023 |
April 2023 |
||||||||||
|
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
1 |
2 |
3 |
4 |
||
|
1 |
Penyusunan Proposal PTK dan Ijin Penelitian |
X |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
Penelitian Siklus I |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
a. Perencanaan |
|
X |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
b. Pelaksanaan |
|
|
X |
X |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
c. Observasi |
|
|
|
|
X |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
d. Refleksi |
|
|
|
|
X |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
Penelitian Siklus II |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
a.Perencanaan |
|
|
|
|
|
X |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
b. Pelaksanaan |
|
|
|
|
|
X |
X |
|
|
|
|
|
|
|
|
c. Observasi |
|
|
|
|
|
|
|
X |
|
|
|
|
|
|
|
d. Refleksi |
|
|
|
|
|
|
|
X |
|
|
|
|
|
|
|
4 |
Penyusunan Laporan PTK |
|
|
|
|
|
|
|
|
X |
X |
X |
X |
|
|
5 |
Seminar Laporan PTK |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
X |
B. Subjek Penelitian
Subjek yang diteliti adalah siswa kelas VI SD Negeri 009 Balikpapan Selatan dengan jumlah siswa sebanyak 29 orang dari siswa putra sebanyak 16 orang dan siswa putri sebanyak 13 orang.
C. Sumber Data
Sumber data adalah subjek dari mana data dapat diperoleh (Arikunto,2002: 114). Dalam penelitian tindakan kelas ini, sumber datanya terdiri atas:
1. Person, yakni sumber data yang berasal dari siswa dan guru kelas VI SDN 009 Balikpapan Selatan Kecamatan Balikpapan Selatan Kota Balikpapan.
2. Place, yakni sumber data yang menyajikan tampilan berupa keadaan diam dan bergerak. Sumber data yang diam seperti ruangan kelas, kelengkapan alat, dan sejenisnya. Sedangkan sumber data yang bergerak, yakni aktivitas guru dan siswa dalam proses pembelajaran yang menerapakan model pembelajaran Problem Based Instruction.
3. Paper, yakni dokumen, buku-buku, majalah atau bahan tertulis lainnya, baik berupa teori, laporan penelitian atau penemuan sebelumnya. Studi ini juga disebut studi kepustakaan atau literatur studi.
UNDUH FILE DISINI
Baca juga :
KEGIATAN KOKURIKULER LINTAS MAPEL
BUKU JURNAL 7 KEBIASAAN ANAK INDONESIA HEBAT
CONTOH KARTU SYAHRIYAH MADRASAH DINIYAH



Tidak ada komentar:
Posting Komentar
terima kasih aa kud kud segera membalas