Full width home advertisement

kuliner

pendidikan

kesehatan

Post Page Advertisement [Top]

 


 PENELITIAN TINDAKAN KELAS

 UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR  MATEMATIKA

MATERI     KELILING     DAN     LUAS     SEGI     BANYAK

MELALUI    METODE    INKUIRI    DAN    PENGGUNAAN

MEDIA   BENDA   KONKRIT   BAGI   SISWA   KELAS  IV

SDN GENTINGGUNUNG KECAMATAN SUKOREJO

KABUPATEN KENDAL  SEMESTER 2

TAHUN PELAJARAN 2021/2022

 

 

Oleh

 

Nama                    :   JUMIYEM, S.Pd

NIP                        :   196XXXXXXXX (SENSOR)

Unit Kerja             :   SDN GENTINGGUNUNG

                              

KOORDINATOR WILAYAH KECAMATAN (KORWILCAM)

BIDANG PENDIDIKAN KECAMATAN SUKOREJO

KABUPATEN KENDAL

TAHUN 2022


Lembar PENGESAHAN

 

Nama Mahasiswa                             :    JUMIYEMI, S.Pd

NIP                                                  :   XXXXXXXXXX (SENSOR)

Unit Kerja                                        :    SDN Gentinggunung

Jumlah Siklus Pembelajaran             :    II

Hari dan Tanggal Pelaksanaan :

a.    Siklus I dilaksanakan pada 3 kali pertemuan, yaitu :

Selasa, 15 Februari 2022 dengan alokasi waktu 3x35 menit (1x pertemuan)

Jum’at, 18 Februari 2022 dengan alokasi waktu 3x35 menit (1x pertemuan)

Selasa, 22 Februari 2022 dengan alokasi waktu 3x35 menit (1x pertemuan)

b.    Siklus II dilaksanakan pada 3 kali pertemuan, yaitu :

Selasa, 8 Maret 2022 dengan alokasi waktu 3x35 menit (1x pertemuan)

Jum’at, 11 Maret 2022 dengan alokasi waktu 3x35 menit (1x pertemuan)

Selasa, 15 Maret 2022 dengan alokasi waktu 3x35 menit (1x pertemuan)

Masalah yang Merupakan Fokus Perbaikan:

1.      Rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SDN Gentinggunung dalam pembelajaran Matematika.

2.      Rendahnya minat  siswa kelas IV SDN Gentinggunung dalam mengikuti pembelajaran Matematika.

Sukorejo, 6 September 2022

Mengetahui                                                                                                         

Kepala SDN Gentinggunung                      Peneliti

 

 

SARONO, S.Pd.SD                                    JUMIYEM, S.Pd

NIP. 196XXXXXXXXXX (SENSOR)          NIP. 19XXXXXXXXXX (SENSOR)


PERNYATAAN ORISINALITAS

 

Saya menyatakan dengan sesungguhnya bahwa laporan penelitian yang saya susun untuk mengajukan Penetapan Angka Kredit tahun 2022 seluruhnya merupakan hasil karya saya sendiri.

Adapun bagian-bagian tertentu dalam penulisan laporan penelitian yang saya kutip dari hasil karya orang lain telah dituliskan dalam sumbernya secara jelas sesuai dengan norma, kaidah, dan etika penulisan karya ilmiah.

Apabila di kemudian hari ditemukan seluruh atau sebagian laporan penelitian ini bukan hasil karya saya sendiri atau adanya plagiasi dalam bagian-bagian tertentu, saya bersedia menerima sanksi sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku.

 

           

Sukorejo, 6 September 2022

Yang membuat pernyataan,

                                                                                               

 

JUMIYEM, S.Pd

NIP. XXXXXXXXXX (SENSOR)


KATA PENGANTAR

 

Dengan mengucapkan syukur alhamdulillah kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan karunia-Nya sehingga peneliti dapat menyelesaikan penyusunan laporan hasil penelitian ini.

Laporan ini disusun berdasarkan praktik pembelajaran dan digunakan untuk pengajuan Penetapan Angka Kredit  dan  dilaksanakan di SDN Gentinggunung Kecamatan Sukorejo Kabupaten Kendal dan hanya satu mata pelajaran.

Keberhasilan dalam melaksanakan penelitian dan penyusunan tugas ini tentu tidak lepas dari bantuan berbagai pihak. Oleh karena itu pada kesempatan ini peneliti menyampaikan terima kasih kepada :

1.      Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kendal.

2.      Korwilcam Bidang Pendidikan Kecamatan Sukorejo.

3.      Bapak Sugiyono, S.Pd., selaku pengawas pembimbing yang dengan sabar membantu peneliti dalam menyelesaikan laporan ini.

4.      Keluarga besar SDN Gentinggunung Kecamatan Sukorejo, Kab.Kendal.

5.      Semua pihak yang telah membantu peneliti dalam menyelesaikan laporan ini.

Peneliti menyadari bahwa laporan ini masih ada kekurangannya, oleh sebab itu, peneliti berharap sumbang saran untuk penyempurnaan laporan ini. Semoga laporan ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat bagi guru dan perkembangan ilmu pengetahuan.

                                                                                       

                                                                  Sukorejo, 6 September 2022

 

 

 

 


 

DAFTAR ISI

halaman

JUDUL............................................................................................................... i

PENGESAHAN................................................................................................. ii

PERNYATAAN ORISINALITAS................................................................... iii

KATA PENGANTAR....................................................................................... iv

DAFTAR ISI...................................................................................................... v

DAFTAR TABEL.............................................................................................. vii

DAFTAR GAMBAR DAN GRAFIK.............................................................. viii

DAFTAR LAMPIRAN..................................................................................... ix

DAFTAR BAGAN............................................................................................ x

ABSTRAK......................................................................................................... xi

BAB I        PENDAHULUAN ........................................................................ 1

A.      Latar Belakang Masalah ........................................................... 1

B.       Identifikasi Masalah.................................................................. 4

C.       Pembatasan Masalah................................................................. 4

D.      Rumusan Masalah..................................................................... 5

E.       Tujuan Penelitian....................................................................... 5

F.        Manfaat Penelitian.................................................................... 5

BAB II      KAJIAN TEORI DAN PENGAJUAN HIPOTESIS................. 7

A.      Kajian Teori............................................................................... 7

1.        Pengertian Penelitian Tindakan Kelas (PTK) .................... 7

2.        Belajar................................................................................ 9

3.        Hasil Belajar ...................................................................... 10

4.        Materi Matematika Keliling dan Luas Segi Banyak.......... 10

5.        Metode Inkuiri .................................................................. 13

6.        Media Benda Konkrit ....................................................... 21

B.       Penelitian yang Relevan............................................................ 27

C.       Kerangka Berpikir..................................................................... 29

D.      Hipotesis Tindakan................................................................... 31

 

BAB III     METODE PENELITIAN............................................................. 32

A.      Setting Penelitian...................................................................... 32

B.       Subjek Penelitian....................................................................... 33

C.       Sumber Data............................................................................. 33

D.      Teknik dan Alat Pengumpulan Data......................................... 34

E.       Keabsahan Data........................................................................ 34

F.        Teknik Analisis Data................................................................. 35

G.      Indikator Keberhasilan.............................................................. 36

H.      Prosedur Penelitian................................................................... 36

BAB IV     HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.......................... 50

A.      Kondisi Awal............................................................................ 50

B.       Hasil Penelitian Siklus 1............................................................ 51

C.       Hasil Penelitian Siklus 2............................................................ 57

D.      Pembahasan Tiap SiIklus dan Antarsiklus................................ 61

BAB V      PENUTUP...................................................................................... 68

A.      Simpulan................................................................................... 68

B.       Saran......................................................................................... 68

DAFTAR PUSTAKA........................................................................................ 70

LAMPIRAN-LAMPIRAN


DAFTAR TABEL

Tabel 3.1 Jadwal Kegiatan Penelitian.................................................................    32

Tabel 3.2 Klasifikasi Kategori Tingkatan dan Persentase...................................    35

Tabel 4.1 Prestasi Belajar Matematika KD 3.2 Kondisi Awal............................    50

Tabel 4.2 Prestasi Belajar Matematika KD 3.2 Siklus I......................................    53

Tabel 4.3 Prestasi Belajar Matematika KD 3.2 Siklus II.....................................    59

Tabel 4.4 Ketuntasan Hasil Belajar Siswa Pada Setiap Siklus............................    62

Tabel 4.5 Rata-rata Hasil Belajar Siswa Pada Setiap Siklus...............................    63

 

 

 

                

 

 

 

 

 

 

 

 


 

DAFTAR GRAFIK

 

Diagram 4.1    Prestasi Belajar Matematika KD 3.2 Kondisi Awal....................    51

Diagram 4.2    Prestasi Belajar Matematika KD 3.2 Siklus I..............................    55

Diagram 4.3    Prestasi Belajar Matematika KD 3.2 Siklus II.............................    60

Diagram 4.4    Ketuntasan Prestasi Belajar Siswa Setiap Siklus.........................    63

Diagram 4.5    Rata-rata Prestasi Belajar Siswa Setiap Siklus............................    65

 

 

 

                

 

 

 

 


 

DAFTAR GAMBAR

 

Gambar 4.1     Praktek menghitung keliling bangun persegi...............................    53

Gambar 4.2     Praktek menentukan luas bangun segitiga...................................    58

 

 

 


 

DAFTAR LAMPIRAN

 

Lampiran         1     RPP

Lampiran         2     Lembar Observasi Guru

Lampiran         3     Lembar Observasi Siswa

Lampiran         4     Daftar Nilai

Lampiran         5     Daftar Hadir Siswa

Lampiran         6     Hasil Pekerjaan Siswa

Lampiran         7     Foto Kegiatan Siklus

Lampiran         8     Surat Ijin Penelitian

Lampiran         9     Surat Keterangan Menyelesaikan Penelitian

Lampiran         10   Surat Keterangan dari Perpustakaan Sekolah

Lampiran         11   Surat Tugas Penyelaras dari Disdikbud Kendal

Lampiran         12   Lembar Koreksi PTK dari Penyelaras

Lampiran         13   Surat Undangan Seminar

Lampiran         14   Surat Keterangan Telah Melaksanakan Seminar

Lampiran         15   Berita Acara Seminar

Lampiran         16   Notula Seminar

Lampiran         17   Daftar Hadir Kegiatan Seminar

Lampiran         18   Foto Kegiatan Seminar

Lampiran         19   Print Out Tayangan Presentasi


DAFTAR BAGAN

 

Bagan 2.1.       Kerangka Berpikir.....................................................................      30

 

 


 

Jumiyem.2022.    UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR  MATEMATIKA MATERI KELILING DAN LUAS SEGI BANYAK MELALUI METODE INKUIRI DAN PENGGUNAAN MEDIA BENDA KONKRIT BAGI SISWA KELAS IV SDN GENTINGGUNUNG KECAMATAN SUKOREJO KABUPATEN KENDAL  SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN  2021 / 2022

 

Kata Kunci:   model pembelajaran inkuiridan penggunaan media benda konkrit, peningkatan hasil belajar

 

ABSTRAK

Kondisi awal hasil Penelitian didapatkan bahwa dalam pelaksanaan pembelajaran Matematika dengan materi Keliling dan Luas Segi Banyak, dari 23 siswa yang memenuhi KKM  hanya 26%, sedangkan 74%  belum memenuhi KKM, maka perlu mengadakan perbaikan pembelajaran.

Melalui  diskusi dengan supervisor diketahui bahwa penyebab hasil belajar siswa banyak yang belum mencapai KKM adalah: (1) Kurangnya perhatian siswa terhadap pembelajaran, (2) Model-model, dan media pembelajaran yang digunakan guru kurang tepat untuk penyajian materi yang disampaikan.

Berdasarkan hal tersebut, di siklus pertama penulis menggunakan metode pembelajaran Inkuiri dan penggunaan media benda konkrit. Dari 23  siswa yang mendapat nilai di atas  KKM baru 65%. Meskipun sudah ada peningkatan tetapi masih ada 8 siswa yang belum mencapai KKM. Dalam mengikuti pelajaran siswa lebih aktif, berani dan minat belajar, pengamatan karakter rasa ingin tahu pun lebih meningkat dari pencapaian 26% menjadi 65% . Maka penulis melanjutkan ke siklus dua.

Pada siklus II menggunakan metode pembelajaran Inkuiri dan penggunaan media benda konkrit hasil yang dicapai lebih meningkat. Dari  siswa yang berjumlah 23 sudah aktif dalam pelajaran dan nilai 22 anak  (96 %) sudah memenuhi KKM. Hal ini membuktikan bahwa penggunaan metode pembelajaran Inkuiri dan penggunaan media benda konkrit dapat meningkatkan hasil belajar dalam pembelajaran Matematika khususnya materi keliling dan luas segi banyak.

 

Download dokumen disini 

3 komentar:

terima kasih aa kud kud segera membalas

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib