UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA
MATERI KELILING DAN LUAS SEGI BANYAK
MELALUI METODE INKUIRI DAN PENGGUNAAN
MEDIA BENDA KONKRIT BAGI SISWA KELAS IV
SDN GENTINGGUNUNG KECAMATAN SUKOREJO
KABUPATEN KENDAL SEMESTER 2
TAHUN PELAJARAN 2021/2022
Oleh
Nama : JUMIYEM, S.Pd
NIP : 196XXXXXXXX (SENSOR)
Unit Kerja : SDN GENTINGGUNUNG
KOORDINATOR WILAYAH KECAMATAN (KORWILCAM)
BIDANG PENDIDIKAN KECAMATAN SUKOREJO
KABUPATEN KENDAL
TAHUN 2022
Lembar PENGESAHAN
Nama Mahasiswa : JUMIYEMI, S.Pd
NIP : XXXXXXXXXX (SENSOR)
Unit Kerja : SDN Gentinggunung
Jumlah Siklus Pembelajaran : II
Hari dan Tanggal Pelaksanaan :
a. Siklus I dilaksanakan pada 3 kali pertemuan, yaitu :
Selasa, 15 Februari 2022 dengan alokasi waktu 3x35 menit (1x pertemuan)
Jum’at, 18 Februari 2022 dengan alokasi waktu 3x35 menit (1x pertemuan)
Selasa, 22 Februari 2022 dengan alokasi waktu 3x35 menit (1x pertemuan)
b. Siklus II dilaksanakan pada 3 kali pertemuan, yaitu :
Selasa, 8 Maret 2022 dengan alokasi waktu 3x35 menit (1x pertemuan)
Jum’at, 11 Maret 2022 dengan alokasi waktu 3x35 menit (1x pertemuan)
Selasa, 15 Maret 2022 dengan alokasi waktu 3x35 menit (1x pertemuan)
Masalah yang Merupakan Fokus Perbaikan:
1. Rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SDN Gentinggunung dalam pembelajaran Matematika.
2. Rendahnya minat siswa kelas IV SDN Gentinggunung dalam mengikuti pembelajaran Matematika.
Sukorejo, 6 September 2022
Mengetahui
Kepala SDN Gentinggunung Peneliti
SARONO, S.Pd.SD JUMIYEM, S.Pd
NIP. 196XXXXXXXXXX (SENSOR) NIP. 19XXXXXXXXXX (SENSOR)
PERNYATAAN ORISINALITAS
Saya menyatakan dengan sesungguhnya bahwa laporan penelitian yang saya susun untuk mengajukan Penetapan Angka Kredit tahun 2022 seluruhnya merupakan hasil karya saya sendiri.
Adapun bagian-bagian tertentu dalam penulisan laporan penelitian yang saya kutip dari hasil karya orang lain telah dituliskan dalam sumbernya secara jelas sesuai dengan norma, kaidah, dan etika penulisan karya ilmiah.
Apabila di kemudian hari ditemukan seluruh atau sebagian laporan penelitian ini bukan hasil karya saya sendiri atau adanya plagiasi dalam bagian-bagian tertentu, saya bersedia menerima sanksi sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku.
Sukorejo, 6 September 2022
Yang membuat pernyataan,
JUMIYEM, S.Pd
NIP. XXXXXXXXXX (SENSOR)
KATA PENGANTAR
Dengan mengucapkan syukur alhamdulillah kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan karunia-Nya sehingga peneliti dapat menyelesaikan penyusunan laporan hasil penelitian ini.
Laporan ini disusun berdasarkan praktik pembelajaran dan digunakan untuk pengajuan Penetapan Angka Kredit dan dilaksanakan di SDN Gentinggunung Kecamatan Sukorejo Kabupaten Kendal dan hanya satu mata pelajaran.
Keberhasilan dalam melaksanakan penelitian dan penyusunan tugas ini tentu tidak lepas dari bantuan berbagai pihak. Oleh karena itu pada kesempatan ini peneliti menyampaikan terima kasih kepada :
1. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kendal.
2. Korwilcam Bidang Pendidikan Kecamatan Sukorejo.
3. Bapak Sugiyono, S.Pd., selaku pengawas pembimbing yang dengan sabar membantu peneliti dalam menyelesaikan laporan ini.
4. Keluarga besar SDN Gentinggunung Kecamatan Sukorejo, Kab.Kendal.
5. Semua pihak yang telah membantu peneliti dalam menyelesaikan laporan ini.
Peneliti menyadari bahwa laporan ini masih ada kekurangannya, oleh sebab itu, peneliti berharap sumbang saran untuk penyempurnaan laporan ini. Semoga laporan ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat bagi guru dan perkembangan ilmu pengetahuan.
Sukorejo, 6 September 2022
DAFTAR ISI
halaman
JUDUL............................................................................................................... i
PENGESAHAN................................................................................................. ii
PERNYATAAN ORISINALITAS................................................................... iii
KATA PENGANTAR....................................................................................... iv
DAFTAR ISI...................................................................................................... v
DAFTAR TABEL.............................................................................................. vii
DAFTAR GAMBAR DAN GRAFIK.............................................................. viii
DAFTAR LAMPIRAN..................................................................................... ix
DAFTAR BAGAN............................................................................................ x
ABSTRAK......................................................................................................... xi
BAB I PENDAHULUAN ........................................................................ 1
A. Latar Belakang Masalah ........................................................... 1
B. Identifikasi Masalah.................................................................. 4
C. Pembatasan Masalah................................................................. 4
D. Rumusan Masalah..................................................................... 5
E. Tujuan Penelitian....................................................................... 5
F. Manfaat Penelitian.................................................................... 5
BAB II KAJIAN TEORI DAN PENGAJUAN HIPOTESIS................. 7
A. Kajian Teori............................................................................... 7
1. Pengertian Penelitian Tindakan Kelas (PTK) .................... 7
2. Belajar................................................................................ 9
3. Hasil Belajar ...................................................................... 10
4. Materi Matematika Keliling dan Luas Segi Banyak.......... 10
5. Metode Inkuiri .................................................................. 13
6. Media Benda Konkrit ....................................................... 21
B. Penelitian yang Relevan............................................................ 27
C. Kerangka Berpikir..................................................................... 29
D. Hipotesis Tindakan................................................................... 31
BAB III METODE PENELITIAN............................................................. 32
A. Setting Penelitian...................................................................... 32
B. Subjek Penelitian....................................................................... 33
C. Sumber Data............................................................................. 33
D. Teknik dan Alat Pengumpulan Data......................................... 34
E. Keabsahan Data........................................................................ 34
F. Teknik Analisis Data................................................................. 35
G. Indikator Keberhasilan.............................................................. 36
H. Prosedur Penelitian................................................................... 36
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.......................... 50
A. Kondisi Awal............................................................................ 50
B. Hasil Penelitian Siklus 1............................................................ 51
C. Hasil Penelitian Siklus 2............................................................ 57
D. Pembahasan Tiap SiIklus dan Antarsiklus................................ 61
BAB V PENUTUP...................................................................................... 68
A. Simpulan................................................................................... 68
B. Saran......................................................................................... 68
DAFTAR PUSTAKA........................................................................................ 70
LAMPIRAN-LAMPIRAN
DAFTAR TABEL
Tabel 3.1 Jadwal Kegiatan Penelitian................................................................. 32
Tabel 3.2 Klasifikasi Kategori Tingkatan dan Persentase................................... 35
Tabel 4.1 Prestasi Belajar Matematika KD 3.2 Kondisi Awal............................ 50
Tabel 4.2 Prestasi Belajar Matematika KD 3.2 Siklus I...................................... 53
Tabel 4.3 Prestasi Belajar Matematika KD 3.2 Siklus II..................................... 59
Tabel 4.4 Ketuntasan Hasil Belajar Siswa Pada Setiap Siklus............................ 62
Tabel 4.5 Rata-rata Hasil Belajar Siswa Pada Setiap Siklus............................... 63
DAFTAR GRAFIK
Diagram 4.1 Prestasi Belajar Matematika KD 3.2 Kondisi Awal.................... 51
Diagram 4.2 Prestasi Belajar Matematika KD 3.2 Siklus I.............................. 55
Diagram 4.3 Prestasi Belajar Matematika KD 3.2 Siklus II............................. 60
Diagram 4.4 Ketuntasan Prestasi Belajar Siswa Setiap Siklus......................... 63
Diagram 4.5 Rata-rata Prestasi Belajar Siswa Setiap Siklus............................ 65
DAFTAR GAMBAR
Gambar 4.1 Praktek menghitung keliling bangun persegi............................... 53
Gambar 4.2 Praktek menentukan luas bangun segitiga................................... 58
DAFTAR LAMPIRAN
Lampiran 1 RPP
Lampiran 2 Lembar Observasi Guru
Lampiran 3 Lembar Observasi Siswa
Lampiran 4 Daftar Nilai
Lampiran 5 Daftar Hadir Siswa
Lampiran 6 Hasil Pekerjaan Siswa
Lampiran 7 Foto Kegiatan Siklus
Lampiran 8 Surat Ijin Penelitian
Lampiran 9 Surat Keterangan Menyelesaikan Penelitian
Lampiran 10 Surat Keterangan dari Perpustakaan Sekolah
Lampiran 11 Surat Tugas Penyelaras dari Disdikbud Kendal
Lampiran 12 Lembar Koreksi PTK dari Penyelaras
Lampiran 13 Surat Undangan Seminar
Lampiran 14 Surat Keterangan Telah Melaksanakan Seminar
Lampiran 15 Berita Acara Seminar
Lampiran 16 Notula Seminar
Lampiran 17 Daftar Hadir Kegiatan Seminar
Lampiran 18 Foto Kegiatan Seminar
Lampiran 19 Print Out Tayangan Presentasi
DAFTAR BAGAN
Bagan 2.1. Kerangka Berpikir..................................................................... 30
Jumiyem.2022. UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI KELILING DAN LUAS SEGI BANYAK MELALUI METODE INKUIRI DAN PENGGUNAAN MEDIA BENDA KONKRIT BAGI SISWA KELAS IV SDN GENTINGGUNUNG KECAMATAN SUKOREJO KABUPATEN KENDAL SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2021 / 2022
Kata Kunci: model pembelajaran inkuiridan penggunaan media benda konkrit, peningkatan hasil belajar
ABSTRAK
Kondisi awal hasil Penelitian didapatkan bahwa dalam pelaksanaan pembelajaran Matematika dengan materi Keliling dan Luas Segi Banyak, dari 23 siswa yang memenuhi KKM hanya 26%, sedangkan 74% belum memenuhi KKM, maka perlu mengadakan perbaikan pembelajaran.
Melalui diskusi dengan supervisor diketahui bahwa penyebab hasil belajar siswa banyak yang belum mencapai KKM adalah: (1) Kurangnya perhatian siswa terhadap pembelajaran, (2) Model-model, dan media pembelajaran yang digunakan guru kurang tepat untuk penyajian materi yang disampaikan.
Berdasarkan hal tersebut, di siklus pertama penulis menggunakan metode pembelajaran Inkuiri dan penggunaan media benda konkrit. Dari 23 siswa yang mendapat nilai di atas KKM baru 65%. Meskipun sudah ada peningkatan tetapi masih ada 8 siswa yang belum mencapai KKM. Dalam mengikuti pelajaran siswa lebih aktif, berani dan minat belajar, pengamatan karakter rasa ingin tahu pun lebih meningkat dari pencapaian 26% menjadi 65% . Maka penulis melanjutkan ke siklus dua.
Pada siklus II menggunakan metode pembelajaran Inkuiri dan penggunaan media benda konkrit hasil yang dicapai lebih meningkat. Dari siswa yang berjumlah 23 sudah aktif dalam pelajaran dan nilai 22 anak (96 %) sudah memenuhi KKM. Hal ini membuktikan bahwa penggunaan metode pembelajaran Inkuiri dan penggunaan media benda konkrit dapat meningkatkan hasil belajar dalam pembelajaran Matematika khususnya materi keliling dan luas segi banyak.
Download dokumen disini



Terima kasih kak, sangat bermanfaat
BalasHapusmantap bos ku
BalasHapusterimakasih sudah hadir, sukses selalu
Hapus